Aneka Makanan Ringan

Selamat Mencoba Resep-Resep Yang Saya Suguhkan Semoga Anda Dapat Menikmatinya.Terima Kasih Atas Kunjungannya Ke Blog Ini Semoga Menjadi Kebaikan Bagi Anda

Selasa, 27 Mei 2014

Resep Cara Membuat Klepon Tepung Beras Ketan Gula Merah Mudah



Cara Membuat Klepon - Di Indonesia kaya akan jajan khas nusantara yang tersebar luas di berbagai daerah. Setiap jajanan khas Nusantara ini juga punya daya tarik sendiri-sendiri. Salah satu jajanan khas Nusantara yang enak dan sangat mudah untuk dipraktekkan atau dicoba adalah kue klepon atau Klepon.
                                        
Klepon terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna hijau pandan yang dibentuk bulat kecil-kecil berisi gula merah yang direbus dan diselimuti parutan kelapa. Sangat mudah dan masalah rasa pasti enak sekali. Apalagi jika makanan khas nusantara ini disajikan saat sore hari ditemani wedang bajigur yang hangat. Sungguh nikmat bukan?

Bagaimana cara membuat klepon? Apa saja bahan dalam cara pembuatan klepon? Apa resep cara membuat klepon? Sepertinya kalian sudah penasaran. Baiklah, saya akan berbagi resep cara membuat klepon tepung beras ketan isi gula merah. Berikut cara membuat klepon.



Bahan Cara Membuat Klepon Tepung Beras Isi Gula Merah :
  1. Tepung beras ketan sebanyak 250 gram.
  2. Air daun pandan atau suji sebanyak 1 sendok makan.
  3. Kapur sirih sebanyak 1 sendok teh.
  4. Garam sebanyak ½ sendok teh.
  5. Air bersih sebanyak 150 mililiter.
  6. Gula merah yang diserut halus sebanyak 150 gram (sebagai bahan isian klepon).
  7. Kelapa muda parut sebanyak 150 gram (sebagai bahan untuk menyelimuti kue klepon). 
Cara Membuat Klepon Tepung Beras Ketan Isi Gula Merah :
  1. Masukkan tepung ketan bersama dengan air daun pandan atau suji dan garam di dalam sebuah wadah. Aduk hingga merata. Kemudian tambahkan ke dalamnya air kapur sirih. Aduk lagi hingga benar-benar tercampur sempurna.
  2. Selanjutnya, adonan pada langkah pertama dituangi air matang sedikit demi sedkit hingga adonan lunak dan mudah dibentuk. Setelah kalis, diamkan kurang lebih 15 menit.
  3. Kemudian, ambil satu sendok teh adonan tadi dan bentuk bulat pipih. Ambil serutan gula merah dan masukkan pada bagian tengah adonan klepon. Selanjutnya bungkus dan bentuk hingga membulat sempurna.
  4. Panaskan air hingga mendidih dan rebus bulatan adonan klepon tadi hingga ia mengapung. Selanjutnya angkat dan tiriskan.
  5. Langkah terakhir adalah memasukkan klepon yang telah direbus ke dalam wadah tempat kelapa parut berada. Guling-gulingkan hingga semua permukaan klepon tertutupi kelapa.
  6. Klepon nikmat nan praktis siap kalian sajikan untuk keluarga tercinta.
Cara membuat klepon tepung beras ketan gula merah siap dicoba dan dipraktekkan di rumah dengan mudah dan praktis. Jangan lupa kunjungi dapursaja karena dapursaja siap menemani kapanpun kalian di dapur untuk menciptakan masakan makanan atau minuman yang enak dan mudah dicoba. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar